17 September 2011

RSUD MUKOMUKO OPERASIKAN ALAT DONOR DARAH DESEMBER

Mukomuko, Bengkulu, 17/9 (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, efektif mengoperasikan peralatan untuk donor darah bagi masyarakat di daerah itu mulai bulan Desember 2011.

"Saat ini masyarakat sudah bisa mendonorkan darahnya karena faktor pendukung berupa peralatan, bank darah serta tenaga analis telah tersedia, tetapi optimalnya akhir tahun ini ," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mukomuko Noviar Zen di Mukomuko, Sabtu.
Selain itu, kata dia, RSUD juga telah menyediakan ruangan khusus seluas 4 X 3 meter tempat menyimpan peralatan donor darah supaya bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat di daerah ini.
"Ruangan yang disediakan itu merupakan ruangan unit gawat darurat yang tidak lagi terpakai, jadi kami manfaatkan untuk ruangan donor darah," kata dia.

Selanjutnya, peralatan seperti bank darah serta tenaga analis yang memberikan pelayanan donor darah bagi masyarakat sudah tersedia.

Ia mengatakan, kendala tidak berjalannya donor darah di daerah ini, karena gedung untuk itu yang dibangun oleh pemerintah jauh dari RSUD sehingga menyulitkan petugas medis menuju lokasi yang berada di SP VI Desa Kota Praja.

Namun setelah dipindahkan di salah satu ruangan di RSUD daerah ini, maka petugas medis bisa memanfaatkan peralatan yang ada membantu masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya dengan tujuan kemanusian.

"Kami pastikan tahun ini juga RSUD sudah punya stok darah dan tidak perlu lagi rujukan ke RSUD yang berada di luar daerah ini," kata dia.

Ia menjelaskan, dalam menerima masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, RSUD bekerja sama dengan palang merah indonesia sebagai organisasi kemanusian yang membantu dalam memberikan pelayanan kesehatan.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP