27 Agustus 2011

PEMKAB BANTU BELASAN GENSET DUKUNG PROGRAM E-KTP

Mukomuko, Bengkulu, 26/8 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu membantu 15 kecamatan di daerah itu masing-masing satu unit mesin genset untuk mendukung kelancaran pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) saat jaringan listrik padam.

"Pemerintah setempat telah menyerahkan sebanyak 15 unit mesin genset untuk masing-masing kecamatan di daerah ini," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Mukomuko Jawoto di Mukomuko, Jumat.
Pemberian bantuan belasan mesin genset kepada masing-masing kecamatan, kata dia, tidak saja mengatisipasi jaringan listrik padam di daerah ini tetapi juga untuk mendukung beberapa kecamatan yang belum teraliri listrik dari perusahaan listrik negara (PLN) sampai kini.

Kecamatan yang belum teraliri jaringan listrik dari PLN meliputi Kecamatan Malin Deman, Kecamatan Selagan Raya, dan Kecamatan Air Manjuto. sedangkan 12 kecamatan yakni Kecamatan Ipuh, Air Rami, Kecamatan Sungai Rumbai, Kecamatan Penarik, Kecamatan Teramang Jaya.

Kemudian, Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan XIV Koto, Kecamatan V Koto, dan Kecamatan
Lubuk Pinang.

"Sebanyak 12 kecamatan di daerah ini sudah ada jaringan listrik untuk menjalankan program e-KTP tetapi belum maksimal," kata dia.

Selain itu, lanjutnya, baru tiga kecamatan di daerah ini yang sudah terkoneksi Jaringan komunikasi online program kartu tanda peduduk elektronik (e-KTP).

"Tiga kecamatan itu meliputi Teramang Jaya, Lubuk Pinang, dan Penarik, sisanya kecamatan yang belum terkoneksi jaringan masih menunggu," kata dia menambahkan.

Selain kendala masih banyak kecamatan yang belum masuk jaringan komunikasi "online", berbagai perangkat dan peralatan pendukung untuk membuat kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) berupa komputer juga belum datang dari pemerintah pusat.

Jika, lanjutnya, dua kendala tersebut bisa diselesaikan dalam waktu dekat ini, maka program pergantian identitas baru bagi warga masyarakat di daerah ini kemungkinan bisa segera terealisasi.

Karena perangkat manusia yang menjalankan program e-KTP yang tersebar di 15 kecamatan siap bertugas termasuk mesin mesin gencet cadangan yang dibutuhkan ketika jaringan listrik bersumber dari PLN padam.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP