27 Agustus 2011

LEBARAN - DINKES MUKOMUKO SEDIAKAN OBAT ANTIBIOTIK DAN ISPA

Mukomuko, Bengkulu, 27/8 (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyediakan lebih banyak obat-obatan antibiotik dan infeksi saluran pernapasan akut di delapan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) selama Idul Fitri 1432 Hijriah.

"Dua jenis obat-obatan ini lebih banyak disediakan di delapan Puskesmas sepanjang jalan lintas barat (Jalinbar) yang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan, Edy Rosdy, melalui Sekretarisnya, Muharuddin, di Mukomuko, Sabtu.
Keputusan menyiapkan lebih banyak obat antibiotik dan Ispa karena berdasarkan pengalaman tahun 2010 masyarakat lebih banyak membutuhkan dua jenis obat-obatan ini sesuai data dari delapan Puskesmas yang disiagakan sepanjang Jalan lintas barat melewati daerah ini.

Namun, jenis obat-obatan untuk penyakit lain juga tetap dipenuhi, guna memaksimalkan pelayanan kesehatan selama lebaran ini.

Ia mengatakan, dinas kesehatan setempat menyiagakan sebanyak delapan Puskesmas sepanjang Jalinbar serta tenaga medis yang akan melayani pengobatan bagi masyarakat setempat maupun pemudik yang membutuhkan.

Delapan Puskesmas sepanjang Jalinbar berada di Kecamatan Ipuh, Kecamatan Pondok Suguh, Kecamatan Teramang Jaya, Kecamatan Penarik, Kecamatan Air Dikit, Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan XIV Koto, dan Kecamatan Lubuk Pinang.

Sedangkan, tenaga medis kesehatan yang disiapkan untuk tiap Puskesmas terdiri atas dua dokter umum, dua bidan, dan dua perawat yang secara bergiliran menjalankan tugas selama 24 jam.

Ia mengatakan, setiap hari satu dokter, satu bidan, dan satu perawat bertugas dalam satu hari membantu pasien yang membutuhkan bantuan pengobatan, selanjutnya hari berikutnya tenaga kesehatan dengan jumlah yang sama dengan tenaga yang berbeda.

Selain tenaga medis kesehatan yang berstatus pegawai negeri sipil maupun honor kontrak yang bertugas membantu memberikan pengobatan sebelum dan setelah lebaran, mereka juga akan didampingi dan dibantu oleh Palang Merah Indonesia (PMI) cabang daerah ini.

"Jadi kami tidak khawatir lagi kekurangan tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan pengobatan kepada masyarakat dari dan luar daerah ini," kata dia manambahkan.

Ia menambahkan, masing-masing Puskesmas di daerah ini disiagakan satu mobil ambulans yang bisa digunakan ketika pasien tidak bisa diobatai dan perlu dirujuk ke rumah sakit daerah ini dan diluar.

Tenaga medis kesehatan juga ditugaskan untuk membantu kepolisian siaga di lima pos pengamanan mudik lebaran yang tersebar di daerah ini.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP