09 Februari 2011

DPRD TAMBAH ANGGARAN PENDIDIKAN RP10 MILIAR

Bengkulu, 12/1 (ANTARA) - Badan Anggaran DPRD Provinsi Bengkulu menambah anggaran pendidikan sebanyak Rp10 miliar dari Rp48 miliar menjadi Rp58 miliar dalam rancangan APBD 2011.

"Kami mengupayakan menambah Rp10 miliar karena dana yang diusulkan eksekutif sangat kecil, apalagi masih banyak sekolah yang perlu direhab," kata Anggota Badan Anggaran DPRD Provinsi Bengkulu Parial di Bengkulu, Rabu.Menurut dia, penambahan anggaran sudah diusulkan sejak pembahasan di tingkat komisi di mana pemerintah hanya menganggarkan 5,6 persen dana pendidikan dari total rancangan APBD 2011 Rp1,3 triliun.

"Angka ini sangat kecil, meskipun terjadi kenaikan 0,6 persen dari nilai APBD 2010 yang hanya 5 persen," kata Parial yang juga Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu.

Ia mengatakan dari prioritas anggaran pemerintah daerah, bidang pendidikan berada pada urutan ke lima dalam program 2011.

Prioritas utama adalah infrastuktur jalan, investigasi bencana, perekonomian dan program lanjutan serta program kesehatan dan pendidikan.

"Jadi kami sudah mengubah rancangan itu dan menempatkan pendidikan dan kesehatan menjadi program prioritas," tambahnya.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan daerah lain seperti DKI Jakarta, Kalimantan Selatan dan Riau, anggaran pendidikan Bengkulu tersebut sangat rendah.

Sejumlah daerah tersebut, kata dia, sudah memenuhi syarat minimal anggaran 20 persen dalam APBD.

"Jika Bengkulu tidak menaikkan nilai anggaran pendidikan ini, otomatis akan berada posisi terendah dibandingkan daerah lain," tambahnya.

Ia mengatakan pada 2012 Badan Anggaran akan menaikkan dana pendidikan menjadi 12 persen dari total APBD dan diupayakan naik setiap tahun sehingga pada 2015 dana pendidikan sudah mencapai 20 persen.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP