10 Januari 2011

DISHUB MUKOMUKO USULKAN PEMBANGUNAN AWAL FASILITAS PELABUHAN

Mukomuko, Bengkulu, 21/12 (ANTARA) - Dinas Perhubungan dan Komunikasi Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan pembangunan fasilitas awal pelabuhan laut karena merupakan persyaratan keluarnya dana dari kementrian perhubungan.
Kepala Bidang Perhubungan laut dan udara Dinas Perhubungan dan Komunikasi Kabupaten Mukomuko Syahbani, Selasa, mengatakan, fasilitas awal yang dibutuhkan untuk dibangun seperti jalan masuk menuju lokasi pelabuhan sepanjang 3 kilometer dan pembangunan jembatan.

"Untuk pembangunan jalan dan jembatan sudah kami sampaikan kepada dinas pekerjaan umum daerah ini, dengan tersedianya fasilitas itu bisa mendukung dalam menarik dana dari pusat untuk pembangunan pelabuhan laut," ungkapnya.Ia mengatakan, kondisi jalan menuju pelabuhan laut sepanjang 3 kilometer kondisinya masih tanah dan hanya digunakan oleh nelayan dari desa setempat untuk tarnsportasi menuju laut.

"Begitu juga jembatan harus disiapkan supaya memudahkan dalam memasuki lokasi pelabuhan yang berada di Kubang Badak," urainya.

Menurut dia, dinas telah mengusulkan anggaran sebesar Rp65 miliar untuk pembangunan pelabuhan laut di daerah ini kepada Kementrian Perhubungan pusat.

"Bila dihitung kemungkinan dengan dana itu untuk pembangunan pelabuhan laut belum mencukupi, tetapi dana itu tetap akan digunakan untuk pembangunan fasilitas pendukung," ujarnya.

Ia mengatakan, persyaratan lainnya adalah lahan yang harus disiapkan oleh daerah ini, karena merupakan persyaratan keluarnya dana dari pusat.

"Untuk ganti rugi lahan menjadi tugas bagian pertanahan daerah ini karena anggarannya ada pada mereka," urainya.
Sementara itu sebanyak 13 item kegiatan yang akan dibangun di lokasi pelabuhan laut daerah ini, dengan mengunakan dana usulan yang disampaikan kepada kementrian perhubungan sebesar Rp65 miliar.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP