26 Oktober 2010

REALISASI JAMKESDA MUKO-MUKO RP1,7 MILIAR PADA 2010

Muko Muko, Bengkulu, 12/10 (ANTARA) - Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial Kabupaten Muko Muko, Provinsi Bengkulu, mengatakan, realisasi dana Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin Daerah Rp1,7 miliar dari Rp2 miliar anggaran untuk bantuan itu pada 2010.

"Dana Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2010 sebanyak Rp2 miliar, sedangkan yang sudah digunakan untuk biaya berobat masyarakat miskin di daerah ini sebanyak Rp1,7 miliar," ungkapnya.Ia mengatakan, jumlah masyarakat miskin di daerah ini yang menerima biaya berobat mengunakan Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin (Jamkesda) sebanyak kurang lebih 500 orang.

"Semua jenis penyakit yang dialami oleh masyarakat miskin di daerah ini ditanggung oleh pemerintah setempat," ujarnya.

Ia menjelaskan, uang yang dikeluarkan untuk membiayai masyarakat miskin berobat selama ini jumlahnya bervariasi sesuai dengan penyakitnya.

"Bila penyakit tersebut harus dioperasi maka biaya yang dikeluarkan Dinas ini bisa mencapai puluhan juta untuk membiayai yang bersangkutan," katanya.

Ia mengatakan, prosedur untuk mendapatkan biaya pengobatan yang bersumber dari Jamkesda adalah masyarakat miskin dibuktikan dengan surat keterangan miskin ditandatangani oleh kepala desa setempat dan diketahui oleh camat.

"Kami hanya melayani masyarakat yang membawa surat keterangan miskin dari desa, karena yang mengetahui kondisi ekonomi masyarakat desa itu adalah kepada desa," katanya.

Ia mengatakan, tahapan yang dilakukan instansi ini untuk membiayai masyarakat miskin yang ingin berobat sesuai dengan jumlah biaya yang dibebankan oleh rumah sakit tempat berobat.

"Tugas Masyarakat yang menerima Jamkesda hanya berobat di Rumah sakit, mengenai pembayaran rumah sakit itu akan merinci semua biaya yang harus dibayar oleh Dinas Sosial," ujarnya.

Ia menjelaskan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat miskin di daerah ini, pemerintah setempat menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit di daerah ini, dan Rumah Sakit Umum M Yunus Bengkulu.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP