26 Oktober 2010

PULUHAN RIBU HAKTARE HPT DIUSULKAN JADI APL

Mukomuko, 25/10 (ANTARA) - Puluhan ribu haktare hutan produksi terbatas di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan diusulkan menjadi area pengunaan lain pada 2011.

"Usul awal seluas 61 ribu haktare, tetapi hanya disetujui 21 ribu haktare," kata Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam, Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat, Kamis.Ia mengatakan, realisasi untuk tahapan peninjauan ulang hutan produksi terbatas (HPT) pada 2010 belum bisa dilakukan karena usulan biaya untuk kegiatan itu sebesar Rp524 juta tidak disetujui.

"Biaya untuk peninjauan ulang terpaksa diajukan pada 2011 dengan nilai yang sama," katanya.

Menurut dia, usul anggaran dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah itu untuk membiayai tim gugus dan tim terpadu yang merupakan gabungan pemerintah unsur Pemprov dan Pemerintah Pusat serta lembaga swadaya masyarakat dan tokoh lainnya.

"Hitungan kami dari Rp524 juta itu dana untuk kegiatan peninjauan ulang bisa mencapai Rp502 juta dan sisanya Rp22 juta untuk administrasi," katanya.

Ia menerangkan hasil pertemuan di Kota Bengkulu menunjukkan beberapa kabupaten di provinsi ini sudah mengeluarkan anggaran untuk kegiatan alih fungsi hutan.

"Kami sudah sampaikan kepada Dewan kalau bisa peninjauan ulang HPT di daerah ini serentak dengan daerah lain pada 2010 karena tim gugus dan tim terpadu bisa sekaligus melakukan peninjauan ulang," urainya.

Tetapi karena kondisi daerah seperti sekarang Dewan menyetujui dana untuk kegiatan itu dianggarkan pada 2011.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP