26 Oktober 2010

PESERTA ASKES DI MUKOMUKO CAPAI 9.223

Mukomuko, Bengkulu, 15/10 (ANTARA) - Istri dan anak Pegawai Negeri Sipil yang terdaftar sebagai peserta aktif Asuransi Kesehatan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, per Oktober 2010 mencapai 9.233 orang.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mukomuko Rosmadi Dzidin, Jumat mengatakan, jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terdaftar sebagai Peserta Asuransi Kesehatan (Askes) sebanyak 3.879, ditambah istri sebanyak 2.275, dan anak sebanyak 3.065.

"Sedangkan jumlah peserta Askes yang berobat di RSUD daerah ini terhitung sejak Januari hingga September 2010 di sebanyak 138 orang," ungkapnya.Selanjutnya hitungan per bulan dalam 2010 ini, Januari yang mengunakan Askes sebanyak 7 orang, Februari 18 orang, Maret 15 orang, April 20 orang, Mei 14 orang, Juni 21 orang, Juli 14 orang, Agustus 15 orang, dan September 14 orang.

"Peserta Askes bagi keluarga PNS dibatasi untuk anak hanya dua orang sedangkan istri hanya satu orang," katanya.

Ia mengatakan bahwa program kartu Askes hanya bisa digunakan oleh PNS di daerah sedangkan masyarakat tidak bisa mendapatkan kartu ini.

"PNS diberikan pelayanan gratis bila mengunakan kartu Askes jika belum ada kartu biaya berobat sama dengan pasien umum lainnya," ujarnya.

Ia menerangkan masih memberikan kesempatan kepada PNS di daerah ini yang ingin mendapatkan kartu Askes, supaya bisa mengunakan kartu tersebut untuk berobat gratis.

"Semua biaya berobat PNS yang mengunakan Askes langsung dibayar oleh pemerintah setempat, pihak RSUD hanya membuat surat tagihan kepada bagian keuangan," katanya.

Sementara itu Duta Askes Kabupaten Mukomuko Jonimus mengatakan bahwa masih memberikan kesempatan kepada masyarakat di daerah ini mendapatkan kartu askes dengan cacatan mengisi formulir dan menunjukkan identitas sebagai PNS.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP