26 Oktober 2010

PERPUSDA MUKO MUKO KEKURANGAN 4.715 JUDUL BUKU

Muko Muko, Bengkulu, 6/10 (ANTARA) - Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Muko Muko, Provinsi Bengkulu, Rifa'i mengatakan kekurangan sebanyak 4.715 judul buku untuk kebutuhan bacaan masyarakat dan pelajar di daerah ini.

"Jumlah yang tersedia di perpustakaan sebanyak 5.285 judul buku dari kebutuhan minimal jumlah judul buku untuk sebuah pepustakaan sebanyak 10 ribu judul buku," katanya, RabuIa mengatakan perpustakaan nasional memberikan bantuan kepada daerah ini sebanyak 9 ribu eksemplar buku, sedangkan pemerintah setempat sebanyak 5 ribu eksemplar, ditambah bantuan dari perpustakaan Provinsi Bengkulu sebanyak 1.211 eksemplar.

"Jumlah yang terdaftara sebagai anggota tetap perpustakaan daerah saat ini mencapai 600 orang yang meliputi PNS, pelajar, dan mahasiswa," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa syarat minimal sebuah perpustakaan itu harus memiliki sebanyak 10 ribu judul buku.

"Kalau kita dikatakan taman bacaan sudah lewat tetapi belum bisa menjangkau untuk dijadikan sebuah perpustakaan daerah, karena keterbatasan jumlah buku," katanya.

Ia menerangkan bahwa 2009 perpustakaan daerah pada mengusulkan dana untuk pembelian buku sebesar Rp65 juta, karena dana bagi hasil tidak keluar terpaksa kegiatan pengadaan buku dibatalkan.

"Pengalaman tahun lalu pihak ketiga menarik buku karena dana bagi hasil yang dijanjikan untuk pembelian buku tidak keluar," katanya.

Sementara itu pada Juni 2010 perpustakaan daerah sudah menerima sebanyak 1.715 eksemplar buku, sedangkan pembayarannya menunggu anggaran cair.

"Bukunya sudah sampai Juni 2010 tetapi dananya masih nunggu cair terlebih dahulu baru bisa dibayar," ujarnya.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP