26 Oktober 2010

PDAM DAPAT BANTUAN RP15 MILIAR PADA 2011

Mukomuko, 10/10 (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Selagan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan mendapat bantuan dana Rp15 miliar untuk meningkatkan kapasitas pompa air di Kecamatan Ipuh pada 2011.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko Abu Halim, Minggu, mengatakan bahwa bantuan sebesar Rp15 miliar itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011 melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Bengkulu Satuan Kerja Air Bersih."Setelah kami cek ke DPU Provinsi Bengkulu, peningkatan kapasitan pompa air itu tidak bisa dilakukan pada 2010 melainkan pada 2011," katanya.

Ia mengatakan bahwa bantuan dana itu untuk meningkatkan kapasitas pompa dari lima liter menjadi 25 liter per detik pada 2011.

Ia mengakui, selama ini kemampuan pompa milik PDAM di Kecamatan Ipuh sangat terbatas dalam menyuplai air bersih kepada pelanggan.

"Dengan kapasitas pompa 5 liter per detik di kecamatan itu tidak mampu mengaliri sebanyak 400 pelanggan," katanya.

Menurut dia, dengan bantuan penambahan kapasitas pompa 25 liter per detik, secara keseluruhan jumlah kapasitas pompa di kecamatan itu menjadi 30 liter per detik ditambah dengan pompa lama 5 liter per detik.

"Penambahan kapasitas pompa bisa berdampak meningkatnya jumlah pelanggan di kecamatan itu," katanya.

Ia menjelaskan dengan kapasitas 30 liter per detik jumlah pelanggan yang bisa dislupai air bersih mencapai 2.400 pelanggan.

"Penambahan jumlah itu di luar pelanggan lama sebanyak 400 rumah sehingga total pelanggan yang bisa dialiri air bersih mencapai 2.800 rumah," urainya.

Ia mengatakan, alira air di Kecamatan Ipuh sering mati karena tegangan atau voltase listrik untuk menggerakkan pompa tidak mencukupi.

"Seharusnya jumlah voltase yang igunakan untuk menggerakkan pompa berkisar 380 hingga 400 volt, sedangkan selama ini voltase listrik hanya 360," urainya.

Menurut dia, bila dipaksakan, pompa akan cepat panas sedangkan air tidak bisa mengalir, bahkan pompa bisa jebol.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP