26 Oktober 2010

MUKOMUKO PROGRAMKAN PEMINDAHAN JALAN LINTAS SUMATERA

Mukomuko, 11/10 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memprogramkan pemindahan jalan lintas barat Sumatera sepanjang dua kilometer di dekat bandara ke lokasi jalan lingkar sepanjang 10 kilometer.
Kepala Bagian Penyusunan Program Sekretariat Pemerintah Kabupaten MukomMuko Herlian, Senin, mengatakan bahwa daerah ini hanya bisa membuatkan program terkait pemindahan jalan lintas barat Sumatera yang berada di sepanjang bandara sedangkan pembangunannya tetap menjadi kewenangan pemerintah pusat."Panjang jalan lintas barat Sumatera di lokasi Bandara sekitar dua kilometer sedangkan panjang jalan yang menjadi lokasi pemindahan mencapai lima kilometer," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa lokasi jalan lintas barat dan bandara sangat dekat sehingga perlu dilakukan pemindahan untuk mengantisipasi gangguan terhadap penerbangan.

"Pemindahan jalan akan kami upayakan agar penerbangan di bandara ini tidak terganggu oleh aktivitas transportasi darat yang melewati jalan itu," urainya.

Ia mengakui bahwa daerah ini tidak sanggup untuk mengeluarkan biaya untuk pembangunan jalan itu sehingga pembangunannya diserahkan kepada pemerintah pusat.

"Kemungkinan pemindahan jalan itu tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat karena pemerintah pusat melalui Departemen Perhubungan masih melengkapi fasilitas bandara daerah ini," katanya.

Menurut dia, fasilitas yang sedang dibangun oleh Departemen Perhubungan seperti ruang tunggu penumpang, garasi kendaraan PBK, dan pagar.

"Kami berharap secara bertahap semua fasilitas bandara di daerah ini bisa terpenuhi termasuk pemindahan jalan lintas Sumatera," katanya.

Sementara itu upaya mengusulkan jalan lintas Sumatera terus dilakukan oleh pemerintah setempat supaya aktivitas bandara bisa berjalan dengan baik.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP