26 Oktober 2010

Haji - PELEPASAN CALHAJ MUKOMUKO DIWARNAI ISAK TANGIS

Mukomuko, 23/10 (ANTARA) - Pelepasan 173 calon haji asal Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, diwarnai isak tangis puluhan keluarga jamaah yang mengantarkan keberangkatan anggota keluarganya untuk menuju Bandara Internasional Minang Kabau, Padang, Sabtu.

"Sebelum calon haji (calhaj) dilepas oleh Wakil Bupati Mukomuko Chairul Huda menggunakan empat mobil Sumatera Antar-Nusa (SAN) dari Mukomuko menuju Padang, keluarga jamaah menyempatkan diri untuk berpelukan sebagai tanda sebuah perpisahan," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko Yanzuri Nawawi, Sabtu."Setiap orang yang hadir pada acara ini merasa sangat bersedih ketika melepaskan kepergian calhaj yang akan berangkat menuju Mekah, dan ada juga yang menangis saat Calhaj memasuki mobil SAN," ungkapnya.

Ia mengatakan ekspresi sedih keluarga termasuk calhaj bahkan sampai meneteskan air mata merupakan hal yang sangat wajar menngingat bahwa kepergian itu merupakan perjalan suci untuk membersihkan diri dari dosa.

"Ketika banyak keluarga calhaj yang menangis tidak ada hal yang aneh karena setiap tahun calhaj yang dilepas pasti suasana seperti ini terulang kembali," katanya.

Sementara Wakil Bupati Mukomuko Chairul Huda berharap supaya calhaj asal daerah ini bisa menjalankan ibadah haji dengan khusuk.

"Harapan keluarga yang ditinggalkan supaya mereka bisa menjadi haji yang mabrur dan semua amal dan perbuatannya diterima oleh Allah SWT," katanya.

Selain itu, Chairul Huda berharap seluruh calhaj asal daerah ini yang berangkat bisa pulang dengan selamat.

"Kita bersama berharap semua Calhaj yang berangkat haji semuanya bisa pulang dengan selamat ke daerah ini," katanya.

Empat mobil SAN yang membawa 173 Calhaj dari daerah ini menuju Bandara Internasional Minang Kabau, Padang, Sumatera Barat, dikawal ketat oleh pihak polisi menggunakan mobil Patwal.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP