26 Oktober 2010

BPBD USULKAN PEMBELIAN MOBIL PEMADAM KEBAKARAN

Mukomuko, 21/10 (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan pembelian tiga unit mobil pemadam kebakaran untuk tiga kecamatan induk di daerah itu pada 2011.

"Setiap kecamatan induk akan diberikan satu mobil pemadam kbakaran untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Irsan, Kamis.
Menurut dia, anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembelian tiga unit mobil pemadaman kebakaran adalah Rp3 miliar."Harga satu unit mobil disesuaikan dengan kapasitas kendaraan yaitu Rp800 juta hingga Rp1 miliar," urainya.

Ia mengatakan tiga unit mobil itu akan ditempatkan di kecamatan induk sehingga bisa memberikan pelayanan kepada kecamatan pemekaran lain yang berada dekat dengan kecamatan itu.

"Kalau idealnya tiap kecamatan memiliki satu mobil, tetapi untuk sementara kami akan mencoba mengupayakan agar tiga mobil ini bisa disetujui pada anggaran tahun depan," katanya.

Ia mengakui bahwa pelayanan dua mobil yang ada saat ini belum maksimal apalagi kendaraan itu mengalami kerusakan dan belum bisa digunakan untuk memberikan bantuan bila terjadi kebakaran.

"Hidroliknya harus diganti dan satunya lagi tangkinya rusak sehingga tidak bisa digunakan," ujarnya.

Sementara itu sampai sekarang dua mobil pemadam kebakaran belum memiliki garasi akibatnya setiap hari kendaraan harus terkena panas dan hujan.

"Kami tidak ingin aset negara dengan nilai mencapai ratusan juta harus dikorbankan dengan tidak mau menyediakan tempat untuk penyimpanan," ujarnya
Ia menjelaskan bahwa BPBD pernah mengusulkan anggaran untuk pembangunan fisik garasi dengan nilai sebesar Rp120 juta namun tidak disetujui.

"Pada 2011 kami akan menambahkan anggaran untuk pembangunan garasi mobil sebesar Rp200 juta, karena uang tersebut bukan hanya untuk dua mobil tetapi untuk tiga mobil lainnya bila jadi dibeli," katanya.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP