26 Oktober 2010

JALAN LINTAS SUMATERA BENGKULU-SUMBAR BUTUH PERBAIKAN

Mukomuko, Bengkulu, 20/10 (ANTARA) - Jalan Lintas Barat Sumatera yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Sumatera Barat tepatnya berada di Kabupaten Mukomuko, membutuhkan perbaikan segera karena sering terjadi musibah.

"Akibat Jalan Lintas Barat Sumatera putus di daerah ini sedikitnya terjadi tiga musibah mobil truk yang bermuatan tandan buah segar terbalik," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko Yanzuri Nawawi, Rabu.Menurut dia, kendaraan yang melewati Jalan Lintas Sumatera mengalami kesulitan karena jalan sangat sempit dan becek.

"Sisa aspal itu tidak mampu menahan kapasitas muatan mobil truk sekitar tujuh ton, sehingga jalan tersebut longsor," katanya.

Ia menjelaskan bahwa tidak ada lagi sisa aspal Jalan Lintas Sumatera yang bisa dilewati oleh kendaraan baik dari Provinsi Bengkulu maupun dari Provinsi Sumatera Barat," katanya.

Menurut dia putusnya Jalan Lintas Sumatera itu berdampak terhadap ekonomi petani yang membawa hasil panen dalam daerah dan luar daerah.

"Berapa banyak petani sawit mengalami kerugian akibat tidak bisa melewati jalan itu untuk menjual hasil pertanian," katanya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Irsan, mengatakan bahwa instansi ini telah mengusulkan dana untuk kegiatan bencana alam pada tahun ini sebesar Rp18 miliar.

"Kami sudah berusaha mengusulkan kepada pemerintah setempat dana untuk bencana alam di daerah ini tetapi sampai sekarang belum ada realisasi," katanya.

Ia berharap usulan dana untuk bencana alam pada tahun ini disetujui oleh pemerintah pusat, karena pada 2009 dana untuk daerah ini sebesar Rp39 miliar dialihkan menyusul terjadinya gempa bumi di Sumatera Barat.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP