03 Agustus 2010

RATUSAN RAMBU JALAN DIPASANG SEPANJANG JALAN NASIONAL

Mukomuko, Bengkulu, 12/7 (ANTARA)- Sebanyak 160 unit rambu-rambu jalan akan dipasang sepanjang jalan nasional di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, karena rambu-rambu di jalan tersebut masih sedikit.

Untuk memasang rambu-rambu jalan tersebut Pemerintah Kabupaten Mukomuko menganggarkan dana senilai Rp180 juta yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), kata Kepala Bidang Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Mukomuko Rafani, Senin.Rambu jalan itu akan dipasang di jalan nasional mulai dari Kecamatan Air Rami sampai Lubuk Pinang.

Ia menjelaskan daerah selama ini belum banyak memiliki rambu-rambu jalan dan marka jalan, padahal keduanya sangat penting untuk menghindari terjadinya kecelakaan dan sebagai petunjuk jalan bagi pendatang yang belum pernah ke daerah ini.

"Untuk sementara ini pengadaan hanya rambu jalan, sedangkan marka jalan untuk tahun ini belum ada karena anggaran belum tersedia," katanya.

Rambu jalan yang dipasang tahun ini masih terbatas atau diprioritaskan sebatas daerah yang berada sepanjang jalan nasional dan pusat kota kabupaten.

"Kalau kami hitung kebutuhan rambu jalan dan marka jalan untuk daerah ini bisa mencapai 1.000 unit lebih, namun yang tersedia tahun ini hanya sebanyak 160 unit sehingga pemasangan dilakukan di tempat yang sangat rawan seperti persimpangan jalan, tikungan jalan dan jalan berbelok," katanya.

Namun, secara bertahap rambu jalan dan marka akan ditambah dan akan diusulkan pada APBD 2011.

Ia menjelaskan sepajang jalan nasional di Kabupaten Mukomuko tepatnya kilometer 160 dan 300 dari Kota Bengkulu belum banyak rambu jalan, sehingga keberadaan rambu jalan bisa membantu untuk memperlancar transportasi darat.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP