04 Agustus 2010

PEMBANGUNAN DI MUKO MUKO HARUS TAHAN GEMPA

Mukomuko, Bengkulu, 29/7 (ANTARA)- Pembangunan fisik, irigasi, dan jalan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mulai 2010 harus mengacu terhadap konstruksi bangunan tahan bencana alam gempa bumi.
"Selain itu pembangunan harus memperhatikan tata ruang kota, sehingga pembangunan bisa tertata dengan baik, Kata Kepala Bidang Cipta Karya Pemerintah Kabupaten Muko Muko Iskandar, Kamis.Ia mengatakan, untuk mengantisipasi bencana alam, pembangunan irigasi, jalan, dan jembatan harus sesuai dengan tata ruang di daerah itu.

Ia menyatakan wilayah tertentu tidak boleh dibangun dengan pertimbangan bisa mengakibatkan bencana alam.

"Jangan membangun irigasi di hutan lindung, di pantai dan sepadan sungai dan danau," terangnya.

Sebagai daerah rawan gempa, kedepan pembangunan lebih memperhatikan bentuk kontruksi yang tahan terhadap gempa bumi.

"Pada 3 Agustus 2010 Direktorat Jenderal Pekerjaan Umum dan Dinas Pekerjaan Umum tingkat satu akan memberikan seminar di daerah ini, untuk menjelaskan bagaimana caranya pembangunan yang baik untuk mengantisipasi bencana alam gempa bumi," tegasnya.

Kedatangan instansi pusat dan provinsi itu akan menjadi pengetahuan bagi instansi teknis di daerah ini dalam membuat perencanaan pembangunan.

"kita akan belajar bagaimana kontruksi bangunan anti gempa, sehingga kedepan tidak ada lagi banguna di daerah ini yang rawan terhadap gempa bumi," jelasnya.

Dalam seminar itu beberapa instansi teknis dan instansi lain di daerah ini aka hadir seperti Dinas Pekerjaan Umum, Bappeda, Dinas Sosial, Badan Penanggulan Bencana daerah, dan Bagian penyusunan Program.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP