03 Agustus 2010

MUKOMUKO USUL DIJADIKAN PELABUHAN LAUT

Mukomuko, Bengkulu, 17/7 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengusulkan kepada kementerian Perhubungan agar daerah tersebut dibangun menjadi pelabuhan laut.

Usulan tersebut telah disampaikan kepada kementerian sejak 2008, kemungkinan besar pembahasan 2011, kata Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Kabupaten Mukomuko Marjohan, Sabtu."Lokasinya sudah kita persiapkan di Kubang Badak, Kecamatan Teramang Jaya, dengan luas areal mencapai 25 hektare," ungkapnya.

Lahan itu sudah dibebaskan oleh Pemerintah sejak dua bulan lalu, tiggal menunggu lokasi tersbeut digunakan untuk pembangunan.

"Saran dan prasarana akan kita lengkapi, seperti membuka akses jalan masuk menuju lokasi pelabuhan serta sarana pendukung lainnnya yang bisa digunakan sebelum pembangunan dimulai," terangnya.

Sementara itu Perhubungan belum bisa memberikan rincian berapa besar kapasitas kapal dan muatan yang bisa ditampung oleh pelabuhan.

"Kalau kapasitas tonasenya kita belum menghitung, yang pasti kapal dengan kapasitas besar bisa berlabuh di pelabuhan tersebut," tegasnya.

Ia menjelaskan bahwa pelabuhan itu bisa digunakan untuk angkutan barang seperti hasil komoditi pertanian dan perkebunan sawit, serta bisa digunakan untuk angkutan orang.

"Komoditi yang banyak di daerah ini hasil perkebunan seperti Tandan Buah Segar serta bisa membawa muatan minyak mentah hasil pengolahan sawit diluar daerah, bahkan bisa juga digunakan untuk membawa karet dan batu bara," terangnya.

Sedangkan anggaran untuk pembangunan pelabuhan yang diusulkan kepada Kementerian mencapai Rp65 milyar.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP