03 Agustus 2010

ANGGARAN RSUD MUKOMUKO CAPAI RP300 JUTA

Mukomuko, Bengkulu, 18/7 (ANTARA) - Anggaran dana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mencapai Rp300 juta.

Hitungan anggaran itu berdasarkan penghitungan bagian penyusunan program yang dibuat dalam bentuk rencana anggaran biaya (RAB) untuk ukuran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe C, kata Kepala Bagian Penyusuna Program Pemerintah Kabupaten Mukomuko Herlian, Minggu."Anggaran tersebut sudah kami sampaikan kepada Kementerian Kesehatan dan Bappenas dalam bentuk laporan dan persentase usulan daerah ini," ungkapnya.

Ia menjelaskan sudah dua investr yang datang ke daerah ini menawaran kerja sama untuk membangunan RSUD, namun sampai sekarang tidak ada lagi koordinasi dengan pemerintah.

"Kalau usulan ke pusat sudah sering atau sejak 2007, namun usulan tersebut tetap diupayakan setiap semester," katanya.

Menurut dia, daerah ini sudah selayaknya memiliki RSUD tipe C karena jarak ke Kota Bengkulu dan Sumatera Barat sangat jauh atau mencapai 300 kilometer.

"Sudah banyak kasus pasien yang dirujuk dari rumah sakit daerah ini ke RSUD di Kota Bengkulu dan Sumatera Barat, tetapi meninggal dalam perjalanan, karena jauhnya jangkauan," katanya.

Alasan lain, masyarakat di daerah ini pola pikirnya sudah tidak tradisional lagi, masyarakat bersedia mengeluarkan uang asalkan bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

"Masyarakat desa yang berobat atau dirawat di rumah sakit tidak ada yang mau mengurus surat miskin untuk berobat gratis, tetapi yang mereka inginkan bagaiman keluarganya bisa sembuh dan ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai," tegasnya.

Pemkab Mukomuko sudah lama menyediakan lahan seluas 15 hektare untuk lokasi RSUD yang berada di SP VI, Desa Agung Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.

"Di lokasi itu sudah ada satu bangunan agar bisa digunakan untuk pembangunan rumah sakit," katanya.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP