27 Mei 2010

PEMKAB MUKO MUKO BANGUN RUMAH SAKIT UMUM

Bengkulu, 22/5 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Muko Muko, Provinsi Bengkulu, akan membangun Rumah Sakit Umum tipe C senilai Rp300 miliar, kata Bupati Muko Muko Ichwan ketika dihubungi, Sabtu,
Pembangunan Rumah Sakit Umum (RSU) itu, bekerja sama dengan investor dari Jakarta yaitu PT Flora Ria Adikencana yang kesepakatannya sudah dilakukan pada awal Mei 2010.

Rencana pembangunan RSU itu berlokasi di satuan pemukiman (SP) 3 Kecamatan Kota Muko Muko, di atas lahan seluas 15 hektare. Lahan tersebut merupakan milik Pemkab yang sudah dibebaskan dari masyarakat.Pembangunan RSU tersebut untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, karena daerah ini baru memiliki RSU daerah (RSUD) dengan kapasitas terbatas.

RSU itu nantinya akan dilengkap dengan tenaga dokter spisialis, ruang instalasi gawat darurat, ICU, ICCU serta pelayanan khusus penyakit jantung dan pelayanan khusus bagi anak-anak.

Tenaga dokternya sementara akan didatangkan dari Kota Bengkulu, dan tenaga dokter status kontrak dari luar daerah, sedangkan peralatan dan sarana RSU itu akan disetarakan dengan tipe C lainnya di Tanah Air.

Kabupaten Muko Muko sangat layak didirikan sebuah rumah sakit tipe C, karena sangat jauh dari ibu kota provinsi atau sekitar 296 Km, sedangkan ke Kota Padang, Sumatra Barat, juga jaraknya hampir sama.

Selain itu, katanya di setiap desa akan dibangun Puskesmas yang memiliki ruang rawat inap untuk memudahkan pelayanan masyarakat. Bagi pasien yang tidak bisa dilayani di Puskesmas itu baru dirujuk ke RSU yang akan dibangun tersebut.

Pembangunan RSU itu rencananya dilaksanakan pada tahun ini, dan peletakan batu pertamanya diperkirakan bulan Juni 2010, mudah-mudahan program tersebut akan berjalan lancar, ujarnya.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP