23 Desember 2009

MTQN 2010 TAMBAH SATU CABANG BARU

Bengkulu, 22/12 (ANTARA) - Musabaqah Tillawatil Quran Nasional (MTQN) ke-23 yang berlangsung di Bengkulu pada Juni 2010 akan menambah satu cabang baru menulis kandungan Al Quran, kata Kepala Biro Kesra Provinsi Bengkulu Syaifullah, Selasa.

"Bengkulu mencatat sejarah sebagai tuan rumah yang pelaksanaan lomba cabang baru yaitu menulis kandungan Al Quran sehingga seluruh cabang yang dilombakan menjadi tujuh cabang," katanya.


Selama ini MTQN hanya menggelar enam cabang yaitu Tilawah yang terdiri atas enam golongan, cabang Tahfid terdiri dari lima golongan, cabang Tafsir Quran tiga golongan, cabang Fahmil Quran terdiri dari satu group, cabang Sarhil dan cabang Khotil masing-masing satu group.

Penambahan cabang baru ini akan menambah jenis perlombaan untuk mensosialisasikan isi kandungan Al Quran.

"MTQN ini merupakan salah satu dari banyak cara yang bertujuan untuk penghayatan Al Quran. Dengan penambahan cabang baru ini semakin banyak umat dan masyarakat yang memahami Al Quran," ujarnya.

Untuk penyelenggaraan agenda nasional tersebut, Pemprov menganggarkan dana Rp32 miliar. Biro Kesra Pemprov Bengkulu menjadi penanggung jawab utama kegiatan.

"Kami sudah usul dana senilai Rp32 miliar ke DPRD yang bersifat block grand. Jadi tidak bisa dijabarkan dalam rencana kelola anggaran," tambahnya.

Ia mengatakan, anggaran tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing bidang dalam kepanitiaan MTQN 2010.

Panitia MTQN terbagi dalam beberapa bidang antara lain bidang satu yang bertanggung jawab terhadap penerangan, kesehatan dan informasi, dan bidang dua bertanggung jawab terhadap sarana prasarana fisik.

Sedangkan bidang tiga menangani acara dan kesenian, serta bidang empat bertanggung jawab terhadap musabaqah dan hakim.

Ia berharap dana tersebut akan bertambah dari kontribusi masing-masing daerah peserta MTQN serta kabupaten/kota di Bengkulu.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP