02 November 2009

PEMKAB MUKOMUKO AJAK PIHAK SWASTA BINA PEMUDA

Bengkulu, 2/11 (ANTARA) - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu Ichwan Yunus mengajak beberapa perusahaan perkebunan swasta di kabupaten itu membina pemuda agar mandiri dan bisa menciptakan lapangan kerja baru.

"Saya akan mengajak beberapa perusahaan membina generasi muda agar bisa mandiri dan menciptakan lapangan pekerjaan baru, sebab selama ini generasi muda selalu terfokus pegawai negeri sipil (PNS)," kata Bupati Ichwan Yunus didampingi Kabag Humas Pemkab Mukomuko, Yanzuri Nawawi, Senin.


Pemkab Mukomuko menggandeng perkebunan swasta, terutama yang bergerak usaha perkebunan kelapa sawit diharapkan bisa membina pemuda terdidik dan belum memiliki pekerjaan tetap.

Biasanya di perkebunan swasta itu paling unggul masalah manajemen dan langkah-langkah kemandirian, sehingga dapat diserap oleh pemuda yang magagng selama enam bulan di perusahaan tersebut.

Tahap pertama ini baru sekitar 53 orang pemuda magang di perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Agromuko setempat yang merupakan perusahaan penanam modal asing (PMA).

Lalu tahun berikutnya pemkab akan mengirim pemuda minimal 50 orang untuk magang lagi di perusahaan pekerbunan untuk mengatasi pengangguran dan menciptakan sumber daya manusia yang siap membuka lapangan kerja.

Para pemuda pengangguran di wilayah itu rata-rata berpendidikan SMA, sarjana muda dan sarjana (S1). Mereka selama ini belum memiliki lapangan pekerjaan tetap dan masih bergantung pada orang tua.

Ke depan diharapkan tidak ada lagi anak muda menjadi pengangguran, karena di sektor perkebunan saja banyak sekali yang bisa dikembangkan untuk membuka pekerjaan baru.

Contohnya, menjadi pedagang pengumpul tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani untuk dijual ke pabrik milik perkebununan besar setempat, untuk modal awal kerja sama dengan pihak swasta tersebut.

"Pengembangkan ternak sapi dengan pola integrasi sawit/sapi, juga bisa bekerja sama dengan pihak perkebunan, dan banyak lagi potensi pekerjaan baru yang bisa dibuka dan dapat menampung tenaga kerja, tambah Yanzuri.

Sementara itu, Humas PT Agromuko Idrus, sebelumnya mengatakan, perusahaan siap menerima para pemuda Mukomuko magang dengan harapan pemuda itu bisa menyesuaikan diri dengan aturan di perusahaan tersebut.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP