22 September 2009

PENGUNJUNG LUAR BENGKULU SERBU OBJEK WISATA PANTAI


Bengkulu, 21/9 (ANTARA) - Pada hari Lebaran kedua, Senin, diperkirakan pengunjung dari luar Bengkulu terutama dari Lubuk Linggau/Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan dari Kota Pagar Alam, Kabupaten Lahat Sumsel akan serbu berbagai objek wisata pantai dan laut Bengkulu.
Hal itu secara rutin dilakukan setiap hari-hari besar termasuk Lebaran karena merupakan kebanggaan bagi warga provinsi tetangga itu untuk ke Pantai panjang dan mandi laut, kata Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi dan Perhubungan Provinsi Bengkulu Ir Ali Berti, Senin.
Menuurut dia, serbuan pengunjung dari wilayah Sumsel itu sudah terlihat sejak sore hari pertama Lebaran dan sebagian besar sudah menginap di rumah keluarganya di Kota Bengkulu dengan menggunakan kendaraan truk terbuka.
Senin pagi ini diperkirakan arus pengunjung dari daerah tetangga itu meningkat, mereka umumnya lebih senang menggunakan kendaraan terbuka dari pada kendaraan pribadi seperti mobil kijang dan jenis lainnya.
"Kami sudah menyiapkan rambu-rambu jalan yang boleh dilalui pengunjung tersebut, karena biasanya petugas Kepolisian dan LLAJ kewalahan mengatur kendaraan para pengunjung dari beberapa daerah itu," katanya.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Ir Edi Nevian, mengatakan objek wisata Pantai Panjang sudah siap menampung serbuan pengunjung tersebut baik pengunjung lokal dari daerah tingkat seperti Lebong, Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang yang tidak ada lautnya.
Dia mengatakan berbagai sarana pelayanan sudah disiapkan di objek wisata Pantai Panjang itu termasuk kamar mandi/wc dan ratusan warung untuk santapan serta bergai jenis permainan rakyat termasuk wisata naik gajah pun disiapkan.
Selain itu, katanya, di beberapa tempat rawan kecelakaan sudah dipasang tanda larangan mandi karena sangat berbahaya bagi warga pendatang. Arus ombaknya deras dan pasirnya labil serta di bagian bawahnya terdapat gua karang maut.
"Kami juga menggratiskan pungutan parkir baik kendaraan roda empat maupun roda dua sesuai dengan instruksi Gubernur Bengkulu Agusrin Maryono Najamudin sebelum Lebaran lalu," katanya.
Kawasan terbuka untuk seluruh pengunjung mulai dari Pantai pasir putih sampai Tapak Padri-Pasar Bengkulu sampai Sungai Hitam sepanjang 17 km, namun keselamatan dijaga masing-masing, karena petugas hanya disiapkan antara Pasir Putih sampai Tapak Padri, tambahnya.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP