27 Agustus 2009

HARGA TBS SAWIT DI MUKOMUKO TERUS MERANGKAK NAIK


Bengkulu, (ANTARA) - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Mukomuko, 170 Km dari Kota Bengkulu, terus mengalami kenaikkan dan saat ini sudah berada pada kisaran Rp1.100/Kg, baik dibandingkan posisi pekan lalu Rp850-Rp950/Kg.
"Harga buah sawit terus mengalami kenaikan sejak tiga bulan lalu dan sekarang sudah berkisar Rp1.100/Kg," kata Sugiono, petani sawit di Desa Tirta Kencana, Kabupaten Mukomuko, Kamis.
Menurut dia, kenaikan harga sawit tersebut terjadi secara bertahap sejak anjlok pada harga paling rendah Rp300/Kg pada pertengahan November 2008.
Ia menjelaskan, kanaikan harga mulai terjadi pada awal Desember 2008 menjadi Rp450/Kg, kemudian pertengahan Desember 2008 kembali naik Rp500/Kg, akhir Februari 2009 Rp850-Rp950/Kg dan kini telah mencapai Rp1.100/Kg.
Dengan terus naiknya harga TBS itu, kata Sugiono petani di daerahnya kini mulai bergairah kembali untuk kebun sawitnya bahkan mulai mengganti tanaman karet dengan sawit.
"Pergantian tanaman itu, selain karena keyakinan harga TBS akan terus naik perawatan tanaman sawit juga lebih gampang," katanya
Dibandingkan dengan tanaman karet yang disadap (mengiris batang karet-red) setiap pagi, tanaman sawit jauh lebih ringan karena sawit hanya dipanen setiap dua minggu sehingga para petani bisa mengerjakan pekerjaan lain seperti menanam palawija atau sayuran untuk kebutuhan sehari-hari, ujarnya.
Sementara itu, Ramlan, petani sawit di Desa Makmur Jaya juga mengaku senang dengan terus bergerak naiknya harga TBS sawit yang sudah mendekati harga normal.
"Mudah-mudahan harga sawit tidak turun lagi dan terus naik, sehingga kita bisa menikmati hasil jerih payahnya selama enam tahun ini," katanya.
Warga transmigrasi asal Madura itu mengaku mempunyai satu hektare kebun sawit yang baru mulai berbuah setelah dia merawatnya selama enam tahun untuk bisa menghasilkan buah siap jual.
Dia juga berharap harga sawit terus mengalami kenaikan, apalagi sebentar lagi akan mendekati tahun ajaran baru sehingga membutuhkan biaya untuk anak-anak sekolah.
"Semoga tahun ajaran baru nanti harga sawit sudah normal seperti dulu, yakni Rp1.800/Kg sehingga anak-anak bisa terus sekolah," ujarnya.
Sementara itu harga TBS sawit dibeberapa pabrik pengolahan sawit seperti di PT.Agricinal, PT. Agromuko dan PT. Darya Darma Pratama pada Minggu (1/3), berkisar Rp990 hingga Rp1.160 Per Kg.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP