24 Juli 2009

PEMKOT KEMBANGKAN KOPERASI BERBASIS MAJELIS TAKLIM


Bengkulu, (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu kini tengah mengembangkan koperasi berbasis majelis taklim untuk meningkatan ekonomi kerakyatan di ibukota Provinsi Bengkulu itu.
"Selama ini koperasi identik dengan kaum laki-laki, maka pemkot berinisiatif mengembangkan koperasi yang pengelolaanya dilakukan oleh kelompok ibu-ibu melalui wadah majelis taklim," kata Wakil Wali Kota Bengkulu, Edison Simbolon, Senin.
Koperasi berbasis majelis taklim yang dikelola oleh Dinas Koperasi dan Pengembangan Pengusaha Kecil dan Menengah (Diskop dan PPKM) tersebut kini mengalami kemajuan yang sangat pesat.
Dari Rp1,5 miliar dana yang awalnya dikucurkan oleh Pemkot Bengkulu, 35 koperasi yang dibina oleh Diskop dan PPKM Kota Bengkulu itu hingga bulan ke enam tahun 2009 telah berkembang menjadi Rp2 miliar.
Dengan dana bergulir yang terus berkembang tersebut, pemkot Bengkulu akan terus mengembangkan kelompok-kelompok koperasi berbasis majelis taklim di Kota Bengkulu.
Hal tersebut, menunjukan bahwa koperasi yang dikelola oleh majelis taklim efektif dikembangkan di Kota Bengkulu sebagai kota pariwisata, budaya dan pendidikan itu.
Dipilihnya kelompok majelis taklim sebagai kelompok koperasi, menurut walikota untuk meningkatan produktivitas ibu-ibu di Kota Bengkulu yang banyak memiliki waktu luang untuk membuat sesuatu yang bermanfaat dan bernilai jual.
Selain mengembangkan koperasi majelis taklim, menurut dia, Diskop dan PPKM Kota Bengkulu juga terus melakukan pembinaan terhadap ribuah Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Bengkulu.
Berdasarkan survai yang dilakukan Diskop dan PPKM Kota Bengkulu, jumlah UKM di Kota Bengkulu hingga awal tahun 2009 tercatat 10.000 UKM.
Mereka yang antara lain bergerak dalam bidang usaha makanan dan kerajinan itu kini membutuhkan bantuan modal dari pemerintah.
Namun karena minimnya dana dari pemerintah, Diskop dan PPKM Kota Bengkulu hanya mampu memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap UKM tersebut.
"Harapan kita semua UKM bisa tergabung dalam koperasi sehingga, manajemen penjualan dan keuntungan yang diperoleh lebih jelas," katanya.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP