24 Juli 2009

PEMKOT HARUS TINGKATKAN KELAS JALAN KOTA


Bengkulu, (ANTARA) - Untuk mengantisipasi semakin meluasnya jalan rusak di Kota Bengkulu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu harus menaikan kelas jalan di Kota Bengkulu dari sebelumnya kelas III menjadi kelas II.
"Saya kira pemkot harus menaikkan kelas jalan di kota Bengkulu bukan melakukan tambal sulam pada jalan-jalan rusak," kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu, Ahmad Zarkasi, ketika dikonfirmasi, Selasa.
Menurut dia, upaya yang dilakukan pemkot Bengkulu dengan mengalokasikan Rp36 miliar yang bersumber dari APBD dan APBN untuk melakukan memperbaiki jalan dengan metode tambal sulam pada jalan-jalan rusak akibat dilalui truk batu bara di Kota Bengkulu akan sia-sia bila tidak diiringi oleh peningkatan kelas jalan.
Dana Rp36 miliar yang digunakan untuk perbaikan jalan lingkungan dan jalan kota yang saat ini rusak, dianggap sebagai sesuatu yang percuma jika truk pengangkut batu bara yang tonasenya tidak sesuai dengan kelas jalan Kota Bengkulu.
Kelas jalan di Kota Bengkulu, menurut dia, tidak sesuai dilintasi oleh truk batu bara bertonase besar sehingga jika tidak dibarengi dengan peningkatan kelas jalan, maka kerusakan akan terus terjadi.
Walaupun akan memerlukan biaya yang besar, peningkatan kelas jalan dianggap hal yang paling tepat jika tidak dibangun jalan alternatif untuk mengangkut batu bara.
"Jika tidak ada jalan alterntif bagi truk bertonase besar, dewan mengangap perlu adanya peningkatan kelas jalan khususnya dijalur yang dilalui truk besar," katanya.
Alternatif kedua, lanjutnya, perlu adanya tempat penampungan sementara batu bara dari Kabupaten Bengkulu Utara (BU) sebagai kabupaten penghasil batubara yang akan diantar ke Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu, misalnya diwilayah perbatasan Kota dan Kabupaten BU.
Dengan adanya tempat penampungan semenetara batu bara diperbatasan, batubara bisa diangkut dengan menggunakan truk angkutan kecil ke pelabuhan sehingga tidak merusak jalan di Kota Bengkulu.
Dengan dua solusi tersebut, menurut Zarkasi, tidak akan ada lagi jalan-jalan rusak di Kota Bengkulu seperti yang terjadi saat ini.
Beberapa ruas jalan di Kota Bengkulu mengalami kerusakan parah akibat terus-menerus dilalui truk foso pengangkut batubara bertonase besar.
Bahkan dibeberapa tempat, telah terjadi penolakan dari warga Kota Bengkulu yang merasa dirugikan akibat jalan rusak dan debu yang dihasilkanya.
Jalan rusak tersebut diantaranya terjadi di Jalan Dempo, Jalan Sukamerindu, Jalan Jati hingga Jalan Asahan di kawasan Kota Bengkulu.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP