25 Agustus 2011

KAPOLDA IMBAU WASPADAI PELARIAN PENJAHAT SUMUT

Bengkulu, 26/8 (ANTARA) - Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Baharuddin Andi mengimbau seluruh masyarakat di wilayah itu agar mewaspadai perlarian sekelompok penjahat dari Sumatra Utara (Sumut), diduga kuat bersembunyi di Bengkulu.

Provinsi Bengkulu selama ini salah satu daerah paling aman di wilayah Barat maka berotensi sebagai lokasi pelarian kelompok penjahat di wilayah Sumatera, kata Kapolda Baharuddin Andi melalui Kabid Humas AKBP Heri Wiyanto, Jumat.

Menjelang lebaran ini, khusus bagi warga beraktifitas jual beli agar mejaga harta bendanya masing-masing, jangan sampai membawa uang atau barang dalam jumlah banyak sehingga memancing niat perampokan.

Perampok bersenjata api tersebut kemungkinan masih bersembunyi, hanya saja menunggu waktu untuk menggelar aksinya, atau bisa saja sejumlah perampok tersebut sedang menyiapkan dirinya untuk menggelar aksinya.

Imbauan itu bukan untuk menakut-nakuti warga, tetapi hanya menginginkan untuk meningkatkan kewaspadaan, ketika terjadi situasi tidak menguntungkan dapat segera melaporkan pada petugas keamanan terdekat.

Sektor keamanan ketertiban masyarakat (kamtibnas) menjelang lebaran ini ditingkatkan, pihaknya juga akan menempatkan sejumlah pengamanan di berbagai lokasi wisata.

Selain itu, ia juga mengharapkan seluruh pemerintah desa di Provinsi Bengkulu meningkatkan pengawasan terhadap kehadiran orang asing yang berada disekitarnya, bila mencurigakan cepat melapor ke polisi terdekat, ujarnya.

Kapolres Kaur AKBP H Andi Heru santo, juga mengingatkan pada masyarakat untuk tetap waspada menjaga keamanan diri dan lingkunganya masing-masing.

Apalagi ada dugaan penjahat asal Sumut saat ini bersembunyi di wilayah Provinsi Bengkulu dan terlebih daerah itu berada di perbatasan Bengkulu-Lampung.

"Saya baru mendapat kabar dari pak Kapolda Bengkulu, berdasarkan informasi dari Polda Sumut ada segerombolan perampok melarikan diri ke Bengkulu, mereka masih memiliki senjata lengkap," kata Kapolres.

Pada puncak arus mudik lebaran di Kaur diperkirakan ramai pada tiga hari menjelang lebaran, seperti tahun sebelumnya jumlah kendaraan melewati daerah tersebut akan ramai.

"Saat ini kita menyiagakan 110 personil polisi akan ditempatkan dibeberap titik pengamanan, jumlah kekuatan itu ditambah kekuatan personel dari TNI, Dishub Kominfo, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Pramuka," kata Kapolres.

Mengenai lokasi Posko Lebaran tetap di tiga titik. Personil mulai H-7 akan disebar pada beberapa tempat wisata, personel pengamanan lebaran itu memprioritaskan pemudik, kelancaran dan pengamanan transportasi, tempat keramaian dan pemukiman, tempat ibadah.

Hal itu digelar karena beberapa ancaman mengarah atau gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat antara lain kemacetan, pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan.

Selain itu, perlu diwaspadai juga aksi penimbunan sembilan bahan pokok, pungli, kejahatan jalanan, pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, pencurian kendaraan bermotor, sabotase, dan kabakaran, tandasnya.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP