17 Agustus 2011

DPRD MUKOMUKO SIDAK KESIAPAN PUSKESMAS HADAPI LEBARAN

Mukomuko, Bengkulu, 17/8 (ANTARA) - Komisi III DPRD Kabupaten Mukomuko akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memastikan kesiapan tenaga medis serta obat-obatan di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di daerah itu dalam menghadapi lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah.

"Lembaga hanya ingin memastikan tidak ada lagi kendala kekurangan tenaga medis serta obat-obatan di sejumlah Puskesmas menjelang lebaran Idul Fitri," kata Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Mukomuko Hermasyah di Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Rabu.
Saat di temui sedang menyusun konsep surat pelaksanaan kegiatan sidak yang melibatkan ketua dan anggota Komisi III DPRD, Hermasyah mengatakan pihaknya masih mengatur waktu yang tepat untuk melakukan sidak.

Ia mengatakan tujuan lembaga mengelar kegiatan sidak hanya untuk memastikan kesiapan setiap Puskesmas apalagi yang berada sepanjang jalan nasional dalam memberikan pelayanan sebelum dan setelah lebaran Idul Fitri.

Kesiapan Puskesmas itu berupa ketersediaan tenaga medis kesehatan dokter, perawat, serta bidan, obat-obatan.

Karena, lanjutnya, tingkat kecelakaan lalu lintas menjelang lebaran sangat tinggi akibat keramaian jalan yang ditandai dengan hiburan rakyat di gelar oleh sejumlah kecamatan dan desa di daerah ini.

Apalagi wilayah kecamatan dan desa yang berada sepanjang jalan nasional di daerah ini, akan lebih padat selama beberapa hari saat lebaran.

Ia menambahkan, hasil kegiatan sidak Komisi III DPRD itu akan disampaikan kepada pemerintah setempat melalui dinas kesehatan setempat.

"Jika terjadi kekuragan tenaga medis kesehatan, maka pemerintah setempat wajib mencarikan tambahan termasuk kekurangan obat-obatan," kata dia.

Pada kesemapatan yang sama, lanjutnya, Komisi III DPRD juga akan melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional di daerah ini, guna memastikan ketersediaan sembilan bahan pokok kebutuhan masyarakat menjelang lebaran.

Serta melakukan pemeriksaan sejumlah produk-produk yang di jual oleh pedagang yang baru dan sudah kadaluwarsa.

Hasil sidak ke sejumlah pasar, kata dia, akan disampaikan pula kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah setempat.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP