26 Oktober 2010

MUKO MUKO TARGETKAN BANGUN RUMAH TAHAN GEMPA

Muko Muko, Bengkulu, 3/9 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Muko Muko, Provinsi Bengkulu, menargetkan seluruh bangunan yang baru didirikan di daerah itu agar dirancang tahan terhadap gempa.

Kepala Bagian Penyusunan Program, Sekretariat Pemerintah Kabupaten Muko Muko, Herlian, Minggu, mengatakan pemerintah akan memberikan arahan teknis bagi yang ingin mendirikan rumah tahan gempa tersebut. "Masyarakat yang ingin membangun rumah hanya dibebankan kewajiban mengurus Izin Mendirikan Bangunan, setelah itu kami akan mengarahkan rumah yang aman dari gempa," ungkapnya.

Ia mengatakan selama ini masih banyak masyarakat yang belum memiliki kesadaran mengurus Izin Mendririkan Banguan (IMB) kepada pemerintah sehingga aktivitas bangunan itu luput dari pengawasan pemerintah.

"Kalau yang sudah dibangun instansi ini tidak bisa berbuat banyak memberikan arahan teknis, tetapi yang kami tekankan sekarang ini masyarakat yang baru ingin membangun rumah," katanya.

Ia menerangkan bahwa dalam memberikan arahan teknis, pemerintah akan menugaskan tim teknis yang akan melakukan verifikasi terhadap bangunan masyarakat yang akan dibangun sehingga bangunan bisa kuat dari guncangan gempa.

"Harapan kita bangunan mashyarakat di daerah ini bisa kuat dari gempa sesuai dengan tenisnya," katanya.

Ia menerangkan bahwa pemerintah sudah memberikan keringan kepada masyarakat di daerah ini untuk bisa mendapatkan IMB dengan cara mudah seperti kegiatan pemutihan.

"Dengan keringanan ini maka masyarakat yang belum membangun memiliki kesadaran untuk mengurus IMB," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa formulir pengisian pemutihan IMB sudah diserahkan kepada setiap kepala desa, camat, dan luha di daerah ini.

"Tugas mereka membagikan formulir itu kepada masyarakat untuk diisi dan diserahkan lagi kepada kita sehingga bisa kita ketahui jumlah masyarakat yang mengurus IMB," ujarnya.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP