14 Juni 2010

ANJUNGAN MUKO MUKO PAMERKAN TBS KELAPA SAWIT

Bengkulu, 9/6 (ANTARA) - Anjungan Kabupaten Muko Muko, Provinsi Bengkulu, memamerkan produksi tandan buah segar kelapa sawit seberat 60-80 kg sehingga menjadi pusat perhatian pengunjung pameran "Bengkulu Expo" yang digelar bersamaan Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Nasional ke 23.

"Tandan buah segar (TBS) kelapa sawit ini sebenarnya masih ada seberat 90 kg, namun tidak bisa dibawa karena terlalu berat," kata petugas anjungan Kabupaten Muko Muko Nasir, Rabu.Anjungan Kabupaten Muko Muko juga menawarkan produksi minyak biodiesel dari buah jarak pagar.
Dalam anjungan tersebut juga memamerkan produksi minyak mentah kelapa sawit (Cpo), biji sawit (kernel), karena daerah ini 80 persen merupakan wilayah perkebunan sawit terluas di Bengkulu.

Selain itu, katanya, berbagai produk buah jarak pagar dan turunannya juga dipamerkan bahkan masyarakat yang berminat bisa memesan seperti obat gosok yang rasanya panas dan parem tubuh terbuat dari minyak jarak.

Produk buah jarak lainnya sabun mandi, alat kosmetik, pakan ternak dan kompos limbah jarak, karena daerah ini salah satu kebun jarak percontohan nasional binaan Kemenerian Pertanian.

Dalam anjungan ini juga menjual berbagai produksi kerajinan dari pondok pesantren anak yatim seperti bakul anyaman yang harganya berkisar antara Rp3.000 hingga Rp90.000 perbuah.

Untuk minyak kelapa hijau dijual Rp30.000 perbotol, sedangkan minyak biodiesel dari buah jarak hanya dipamerkan sampelnya saja, bagi yang berminat boleh memesan sesuai kebutuhan, kata Nasir.

Sementara anjungan Maluku Utara menjual mata cincin permata, biji permata dan berbagai hiasan dari bahan emas, perak bagi kaum wanita dengan harga yang sangat bervariasi juga menjadi salah satu perhatian pengunjung.

Dalam anjungan ini juga menjual berbagai jenis kain khas Maluku Utara dengan harga terjangkau atau lebih murah dibanding produk kerajinan Bengkulu batik besurek yang rata-rata dibawah Rp100 ribu perbuah, kata penjaga anjungan tersebut.

Anjungan berukuran 3x4 meter itu juga memajang berbagai produk pertambangan Maluku Utara dan Baliho Gubernur Maluku Utara H Thaib Armiyn serta jajaranannya.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP