15 Mei 2010

SENSUS PENDUDUK DIMULAI DARI KEPALA DAERAH

Bengkulu, 4/5 (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi dan kabupaten/kota memulai sensus penduduk dari kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota, kata Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Carsadi.

"Sensus pertama memang dimulai dari tingkat kepala daerah dengan harapan memberikan contoh kepada masyarakat untuk memberikan jawaban yang jujur dan benar kepada petugas sensus,"katanya di Bengkulu, Selasa.Ia mengatakan seluruh kepala daerah yakni gubernur dan keluarga serta seluruh bupati dan wali kota beserta keluarga sudah disensus pada hari pertama pelaksanaan sensus pada Sabtu (1/5).

Untuk Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin, pelaksanaan sensus didampingi langsung oleh kepala BPS, demikian juga dengan kepala daerah 10 kabupaten/kota yang didampingi langsung oleh kepala BPS setempat.

"Tujuannya sebagai imbauan dari kepala daerah agar seluruh rumah tangga menerima petugas sensus dan memberikan jawaban yang benar dan jujur,"katanya.

Carsadi mengatakan untuk Provinsi Bengkulu terdapat 4.432 petugas sensus yang saat ini berada di lapangan untuk melaksanakan tugasnya hingga 31 Mei 2010.

Rincian petugas sensus tersebut yakni tenaga pencacah lapangan (pcl) sebanyak 3.153 orang, koordinator tim (kortim) sebanyak 1.051 orang, koordinator lapangan (korlap) 130 orang, instruktur daerah (inda) 98 orang dan instruktur nasional (inas) sebanyak 4 orang.

Sebelum terjun ke lapangan para petugas tersebut sudah melakukan pengenalan wilayah tugas dan mulai 1 Mei hingga 9 Mei mereka sudah melakukan pendataan terhadap bangunan dan rumah tangga yang ada di blok masing-masing wilayah tugas.

Petugas sensus akan melengkapi data rumah tangga melalui 43 karakteristik pertanyaan yang diajukan kepada rumah tangga di wilayah tugas.

Karakteristik pertanyaan tersebut mengalami penambahan dari SP pada 2000 yang hanya dilengkapi 16 pernyataan.

"Sensus periode ini datanya lebih banyak dan tentu informasinya lebih lengkap karena pekerjaan dan jenis usaha masing-masing anggota rumah tangga akan ditanya,"katanya.

Sementara itu sensus penduduk di Pulau Enggano yang berjarak 106 mil dari Kota Bengkulu 15 petugas sensus termasuk tiga koordinator tim untuk mendata penduduk di enam desa yakni Kahyapu, Kaana, Malakoni, Meok, Apoho dan Banjarsari.

"Petugasnya tetap orang Enggano dan sensus dilakukan serentak dengan yang ada di wilayah provinsi lainnya,"katanya.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP