09 Januari 2010

PEMKAB MUKOMUKO BUTUH DANA PEMBINAAN DAERAH TERTINGGAL

Bengkulu, 8/1 (ANTARA) - Pemkab Mukomuko pada tahun 2010 membutuhkan dana Rp140 miliar untuk pembinaan ribuan warga puluhan desa tertinggal di wilayah ini.

Dana sebesar itu rencananya akan diupayakan dari Kementerian Daerah Tertinggal karena alokasi anggarannya ada, kata bupati Mukomuko Ichwan Yunus melalui Kabag Humas Yanzuri Nawai, Jumat.

Untuk mendapatkan dana sebesar itu, Pemkab Mukomuko sedang menyiapkan tim untuk mengcevaluasi jumlah desa dan warga yang bermukim di wilayah tertinggal di daerah itu.


Kebutuhan mendesak bagi warga di wilayah tertinggal itu, antara lain listrik, sarana jalan, dan air bersih karena warga daerah itu sebagian besar mandi dan cuci di sungai.

Sementara air sungai setiap musim penghujan tidak layak untuk dikonsumsi lagi akibat tingkat kekeruhannya cukup tinggi karena kawasan hutan di bagian hulunya sudah banyak yang gundul.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik di desa itu, selain mengharapkan pembangunan listrik tenaga hydromicro, juga tenaga surya atau membuat jaringan dari ibukota kabupaten.

Namun lebih potensi adalah membangun pembangkit listrik tenaga air karena banyak sekali anak sungai yang bisa dimanfaatkan bagi program terebut.

Selain itu, katanya, pembangunan sarana jalan dan jembatan untuk mengangkut produksi pertanian dan perkebunan para petani yang selama ini menggunakan transportasi sungai.

Bila kebutuhan itu sudah tercukupi, maka untuk menambah pendapatan petani di desa itu diberikan modal usaha keluarga agar mereka bisa memanfaatkan hasil pertanian menjadi bahan makanan jadi seperti dari bahan jagung, kacang tanah dan singkong, tutur yanzuri.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP