23 Desember 2009

DIKNAS BANGUN 13 GEDUNG SEKOLAH PADA 2010

Bengkulu, 23/12 (ANTARA) - Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Bengkulu pada 2010 akan membangun sebanyak 13 unit gedung sekolah taman kanak-kanak dan sekolah menengah kejuruan (SMK).

"Sebanyak 13 unit sekolah itu akan dibangun di sembilan kabupaten dari sepuluh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu," kata Kepala Diknas Provinsi Bengkulu Sumardi, Rabu.


Penambahan sekolah itu, karena sekolah yang ada sekarang dianggap masih kurang untuk meningkatkan daya tampung dan menekan jumlah angka putus sekolah.

Menurut dia, dari 13 unit sebanyak sepuluh unit akan dibangun untuk TK dan tiga unit SMK di beberapa kabupaten yang belum memilikinya.

Sebab selama ini gedung sekolah yang ada dianggap kurang seimbang dengan jumlah murid atau seiring bertambahnya populasi penduduk.

"Bangunan gedung sudah mesti harus ditambah karena jumlahnya tidak seimbang lagi dengan peningkatan penduduk karena setiap tahun usia anak didik kian bertambah," ujarnya.

Ia menambahkan, Bengkulu yang memiliki penduduk mencapai 1,6 juta jiwa itu harus didukung dengan gedung sekolah yang memadai.

TK yang akan dibangun di sembilan kabupaten tersebut yakni Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, Bengkulu Selatan, dan Kaur.

Sedangkan SMK diprioritaskan bagi daerah yang belum memiliki terutama kabupaten pemekaran dan beberapa wilayah lainnya.

Namun, penambahan sekolah itu secara bertahap akan dilaksanakan dengan menggunakan dana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) serta anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) pada 2010.

Dana pembangunan itu, kata dia, secara keseluruhan belum dapat diketahui dan penambahan harus terlaksana untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan di Bengkulu pada masa mendatang.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP