01 November 2009

PEMKAB MUKOMUKO BANGUN DERMAGA ANGKUTAN CPO

Bengkulu, 1/11 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko akan membangunan dermaga khusus angkutan minyak kelapa sawit (CPO) di Muara Sungai Teramang di Kecamatan Teramang Jaya.

"Pembangunan dermaga itu rencananya dilaksanakan pada 2010, untuk mendorong perekonomian daerah dan meningkatkan pendapatan masyarakat," kata bupati Mukomuko melalui Kabag Humas Yanzuri Nawawi, Minggu.


Dermaga Muara Teramang itu nantinya tidak hanya melayani angkutan CPO, tetapi bisa digunakan untuk pengangkutan bahan pokok dan hasil bumi lainnya ke daerah lain.

Selama ini produksi CPO di Kabupaten Mukomuko dikapalkan melalui Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Sumbar, dan sebagian kecil melalui Pelabuhan laut Pulau Baai Bengkulu.

Dengan adanya dermaga khusus tersebut akan mendukung perkembangan sektor transportasi laut dan udara yang baru saja diremikan beberapa hari lalu.

Sehingga, kata dia nantinya perkembangan sektor ekonomi di kabupaten pemekaran Bengkulu Utaranya lebih cepat dari kabupaten induk.

"Pengangkutan CPO dan hasil bumi lainnya di daerah ini bisa ditempuh melalui jalur laut, sehingga dapat menghemat biaya apabila dibandingkan dengan menggunakan jalan darat seperti sekarang," kata Yanzuri.

Kepala Bappeda Kabupaten Mukomuko Ir Zamdial Taalidin sebelumnya mengatakan rencana pembangunan dermaga itu sudah dipersiapkan mulai 2009, dan akan direalisasikan pada 2010.

"Saya sudah menurunkan tim ke lokasi muara Sungai Teramang untuk mengambil sampel pembangunan dermaga tersebut," katanya.

Dengan dibangunnnya dermaga itu, kata dia arus transportasi ke Mukomuko makin lancar, sehingga roda perekonomian masyarakat meningkat, sekaligus bisa mewujudkan program Kabupaten Mukomuko menjadi kunjungan wisata setelah Kota Bengkulu.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP