17 Oktober 2009

PEMPROV BENGKULU SIAPKAN 14 LOKASI TES CPNS

Bengkulu, 17/10 (ANTARA) - Pemprov Bengkulu menyiapkan 14 sekolah untuk lokasi tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2009, yang tersebar di Kota Bengkulu, mulai dari geung SD sampai SLTA.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu M Darwin, Sabtu, mengatakan, bila ke 14 gedung sekolah itu tidak tertampung, maka antisipasinya disiapkan Aula Serba Guna Pemprov Bengkulu.
Sekolah yang dicadangkan untuk tempat tes tersebut adalah gedung SMA 1 dan 7, SMK 2, SMP 18, SMP 8, SMP 12 dan 4. Selain itu, SD 35, SD 5, SD 20, SD 79, SD 60 dan SD 55.
Panitia telah berkoordinasi dengan Diknas agar dapat memberikan pinjaman ruangan beserta meja dan kursi yang memadai untuk tes masuk yang akan dilaksanakan 7 November, katanya.
"Seperti pengalaman tahun 2008 lalu jumlah pelamar mencapai 5.900, tapi ikut hanya 5.500, sedangkan tahun ini diperkirakan peserta tes mencapai 6.000 orang," katanya.
Meningkatnya peserta tes CPNS itu, antara lain disebabkan lulusan perguruan tinggi terus bertambah, sedangkan lowongan kerja semakin menyempit.
Formasi PNS mulai menerima pendaftaran tahap pertama ini baru 5.277 dari 5.945 orang dalam delapan kabupaten dari sepuluh kabupaten/kota dan provinsi Bengkulu.
Menurut Darwin, dalam satu ruangan dapat menampung 20 orang peserta tes, sedangkan pengawasan akan dilibatkan guru sekolah tersebut.
Selama pelaksanaan tes CPNS itu, proses belajar siswa tidak terganggu, karena persiapan ruangan akan digunakan selepas kegiatan belajar atau pada sore hari.
"Sebelum pelaksanaan tes 7 Nopember kami mengecek kembali keadaan ruangan yang akan dipakai itu, terkait kelengkapan jumlah kursi dan meja bagi peserta," katanya.
Pengambilan nomer tes peserta CPNS dilaksanakan di GOR Sawah Lebar Kota Bengkulu, karena ruangan tersebut cukup besar dan peserta tidak akan berdesak-desakan.
Sistem pengambilan nomor tersebut menggunakan abjad seperti tahun sebelumnya, misalnya dari pagi sampai jam 12.00 WIB nama peserta pangkal A sampai L, sedangkan tahap berikutnya dari L sampai pangkal nama Z.
Metode ini digunakan untuk mengindari terjadinya antrean peserta hingga berdesak-desakan, apalagi pada siang hari kondisinya sangat panas banyak peserta berdesak-desakan dan bahkan sampai terinjak antara sesamanya.
Sama halnya dengan saat proses lamaran, tidak diantarkan langsung tapi dikirimkan melalui kantor pos.
Nantinya petugas pos sendiri mengantarkan berkas itu pada panitia, sehingga interaksi antara pelamar dengan pantia pendaftaran dapat dihindari.
Formasi untuk Provinsi Bengkulu sendiri sebanyak 5.945 tetapi rincian untuk kabupaten/kota belum dapat dipaparkan, karena masih ada lima kabupaten lagi yang formasinya belum disetujui oleh Meteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan), tambah Darwin.***3***


© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP