31 Oktober 2009

PEMKOT BENGKULU ANGGARKAN DANA PENDIDIKAN RP40 MILIAR

Bengkulu, 31/10 (ANTARA) - Pemerintah Kota Bengkulu, akan menganggarkan dana pendidikan sebesar Rp40 miliar atau 30 persen dari dana pembangunan Rp151 miliar pada 2010.

"Dana sebesar itu akan diprioritaskan pada 2010 agar pendidikan gratis dan murah dapat tercapai dengan baik, sehingga angka putus sekolah dapat ditekan," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bengkulu Edi Hermansyah di Bengkulu, Sabtu.


Anggaran pendidikan di Bengkulu, kata dia telah menjadi prioritas pada 2010 untuk merangsang masyarakat terus bersekolah.

Pemkot telah membuat program tiga pilar, yakni pendidikan gratis, biaya kesehatan murah, dan pertumbuhan perekonomian berbasis kerakyatan.

Dana yang diusulkan ke DPRD Kota Bengkulu untuk pendidikan cukup besar, karena program sekolah gratis yang telah diterapkan pemerintah setempat diharapkan segera terwujud.

Ia mengatakan anggaran tersebut akan dimanfaatkan mulai dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK).

"Program itu untuk meringankan beban orang tua siswa yang tersebar di delapan kecamatan, sehingga anak-anak mereka dapat bersekolah sesuai dengan program pemerintah," katanya.

Dengan bantuan dana tersebut, kata dia diharapkan pihak sekolah tidak memungut lagi biaya penerimaan siswa baru dan uang bangku.

Menurut dia, selama ini setiap tahun ajaran baru permasalahan mahalnya uang sekolah menjadi beban para orang tua siswa, karena dana yang diusulkan itu belum ada.

Anggaran dana tersebut nantinya akan digunakan oleh masing-masing sekolah untuk kebutuhan belajar dan mengajar, sehingga program itu segera terwujud.

Pemkot sangat berharap agar usulan itu dapat terealisasi dengan baik, sehingga mutu pendidikan semakin baik, dan setiap warga masyarakat bisa menikmati sekolah gratis.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP