30 Agustus 2009

PENINGKATAN BANDARA MUKOMUKO RP6,4 MILIAR DARI APBN


Bengkulu, 29/8 (ANTARA) - Pemerintah pusat melalui APBN 2010 akan mengalokasikan dana Rp6,4 miliar untuk peningkatan pembangunan bandara Mukomuko di Kabupaten Mukomuko.
Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Bengkulu, Ali Berti mengatakan, Sabtu, pembangunan Bandara Mukomuko membutuhkan dana Rp6,4 miliar dan siap dikucurkan pada 2010 oleh Departemen Perhubungan
"Melalui dana APBN 2010 sudah siap dikucurkan dana tambahan sebesar Rp6,4 miliar," katanya.
Ali mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk membangun pagar bandara serta memperpanjang landasan pacu Bandara Mukomuko.
Dengan perpanjangan landasan pacu tersebut, kata dia, bandara yang terdapat di Desa Bandar Ratu itu bisa menampung pesawat jenis Hercules. Selama ini hanya untuk pesawat jenis Cessna dan CN-212.
"Dengan landasan pacu hanya 1.400 x 23 meter seperti sekarang hanya bisa untuk pesawat jenis fokker. Dengan perpanjangan landasan ini akan bisa menampung pesawat Hercules sehingga manfaatnya lebih besar," katanya.
Rencana awal, kata dia, peningkatan kapasitas bandara merupakan tindak lanjut kesepakatan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Mukomuko dengan perusahaan maskapai penerbangan Riau Airlines beberapa waktu lalu.
Berdasarkan kesepakatan tersebut, maskapai Riau Airlines akan membuka rute penerbangan Bengkulu-Padang dengan transit di Bandara Mukomuko.
"Tapi kenyataannya Riau Airlines bermasalah, tapi tidak akan menghambat rencana kita untuk meningkatkan kapasitas bandara Mukomuko," tambahnya.
Peningkatan pembangunan Bandara Muko-Muko ini diharapkan dapat mempercepat akses masyarakat yang berada di ujung utara Provinsi Bengkulu tersebut selain untuk mempercepat kemajuan kabupaten pemekaran itu.
Kabupaten Muko-Muko yang berjarak 320 km dari Kota Bengkulu atau 300 km dari Padang Sumatera Barat selama ini ditempuh lewat darat.
Ali Berti mengatakan jarak yang jauh dari pusat ibukota provinsi dan daerah lain membuat kendala tersendiri dalam pengembangan kabupaten tersebut.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP