26 Oktober 2010

10 KECAMATAN BELUM DAPAT DANA PNPM MANDIRI

Mukomuko, 14/10 (ANTARA) - Sebanyak 10 dari 15 kecamatan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, belum mendapatkan bantuan dana program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri.

"Hanya lima kecamatan yang menerima dana program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri dari pemerintah pusat sebesar Rp4,4 miliar," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Mukomuko Yurnalis, Kamis.Ia mengatakan bahwa lima kecamatan yang menerima bantuan PNPM Mandiri itu merupakan kecamatan induk di daerah ini. "Sedangkan 10 kecamatan yang belum dapat PNPM merupakan pemekaran dari kecamatan induk sehingga belum terdata," ungkapnya.

Menurut dia, 10 kecamatan yang belum menerima bantuan dana PNPM Mandiri yakni Kecamatan Malin Deman, Kecamatan Air rami, Kecamatan Sungai Rumbai, Kecamatan Teramang Jaya, Kecamamatan Penarik, Kecamatan Selagan raya, Kecamatan Air Dikit, Kecamatan V Koto, Kecamatan XIV Koto, dan Kecamatan Air Manjuto.

"Kecamatan induk yang menerima bantuan dan PNPM tahun ini yakni Kecamatan Ipuh, Pondok Suguh, Teras Terunjam, Muko Muko Utara, dan Kecamatan Lubuk Pinang," katanya.
Menurut dia, 10 kecamatan belum menerima dana PNPM Mandiri karena status kecamatan itu baru dimekarkan sehingga belum terdata oleh pemerintah pusat.

"Kami berharap pada 2011 dana PNPM bukan hanya untuk kecamatan induk tetapi juga diberikan kepada 10 kecamatan pemekaran," urainya.

Ia menjelaskan bahwa jumlah dana PNPM Mandiri yang diterima setiap kecamatan induk bervariasi seperti Kecamatan Ipuh sebesar Rp1.250.000.000, Kecamatan Lubuk Pinang sebesar Rp1 miliar, Kecamatan Teras Terunjam Rp1 Miliar, Muko Muko Utara Rp1 Miliar, dan Lubuk Pinang Rp1.250.000.000.
"Dana itu digunakan oleh kecamatan untuk pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum yang dibutuhkan oleh desa di kecamatan itu," katanya.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP