26 Oktober 2010

MUKOMUKO USULKAN RP64,7 MILIAR UNTUK PEMBANGUNAN DERMAGA

Mukomuko, 8/10 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan dana senilai Rp64,7 miliar untuk pembangunan dermaga laut kepada Kementerian Perhubungan.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko Marjohan, Jumat, mengatakan bahwa rancangan anggaran biaya berjumlah Rp64,7 miliar itu sudah disampaikan kepada Kementerian Perhubungan."Usul sudah kami sampaikan, dan pihak kementerian akan melakukan survei terhadap kelayakan lokasi Kubang Badak yang kami pilih sebagai dermaga laut," katanya.

Ia mengatakan bahwa berbagai fasilitas awal dermaga seperti jalan masuk sudah dibangun oleh pemerintah daerah.

"Fasilitas pendukung sudah kami bangun, hanya saja harus ada pembebasan lahan untuk lokasi dermaga yang dananya belum disetujui oleh Dewan," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pembebasan lahan di lokasi dermaga laut Kubang Badak itu menelan biaya sebesar Rp1,5 miliar.

"Kami sudah usulkan dana untuk pembebasan lahan kepada Dewan tetapi tidak disetujui, kemungkinan usul itu akan disampaikan pada 2011," katanya.

Sementara itu Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muko Muko Ali Saftaini mengatakan
bahwa lokasi dermaga di Kubang Badak itu tidak layak menurut Bappenas.

"Setelah pihak Bappenas melihat lokasi tersebut ternyata tidak layak dan tidak strategis dijadikan sebagai dermaga laut," urainya.

Ia menjelaskan belum disetujuinya usul dana untuk pembebasan lahan dermaga itu selain lokasinya tidak layak, juga karena keuangan daerah sedang mengalami kesulitan.

"Kemungkinan anggaran pembebasan lahan itu akan kami masukkan pada 2011," katanya.

© Copyright 2011 Perum LKBN Antara Biro Bengkulu . All rights reserved | Contact Us | About Us

Back to TOP